Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Sungai Jepun Kecamatan Tembilahan
Abstract
Handpone seperti dalam pandangan Skinner dapat
dikatakan sebagai variable eksternal yang mempengaruhi
perilaku anak. Sehingga perilaku anak sebagai organisme
individual memiliki hubungan sebab akibat yang melahirkan
ilmu pengetahuan baru. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah apakah terdapat dampak positif dan signifikan
penggunaan handphone terhadap hasil belajar siswa, apakah
terdapat dampak negatif dan signifikan penggunaan
handphone terhadap hasil belajar siswa, apakah terdapat
dampak yang signifikan penggunaan handphone terhadap
hasil belajar siswa.
Subjek yang diteliti adalah siswa, adapun objeknya
dampak penggunaan handphone terhadap hasil belajar siswa.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas X, XI
dan XII. Pengumpulan data dalam menggunakan angket dengan
jenis skala likert untuk variabel X dan hasil nilai lapor
semester II untuk variabel Y. Adapun teknik analisa data
menggunakan rumus uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat dampak
positif dan signifikan penggunaan handphone terhadap
hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Islami Sungai
Jepun Kecamatan Tembilahan. Hal ini dibuktikan dengan
nilai thitung (2,569) ttabel (2,060) dengan level
signifikan 0,017 0,005, maka H1 diterima. Tidak
terdapat dampak negatif dan signifikan penggunaan
handphone terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah
Al-Islami Sungai Jepun Kecamatan Tembilahan. Hal ini
dibuktikan dengan nilai thitung (-0,422) ttabel (2,060)
dengan level signifikan 0,677 0,005, maka H2 ditolak.
Terdapat dampak yang signifikan antara penggunaan
handphone terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah
Al-Islami Sungai Jepun Kecamatan Tembilahan. Hal ini
dibuktikan dengan nilai Fhitung (4,030) Ftabel (3,38)
dengan level signifikan 0,030 0,005.