Hubungan Kode Etik Guru Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 008 Teluk Jira Kecamatan Tempuling
Abstract
Profesi keguruan terdapat kode etik yang
menjunjung tinggi martabat profesi untuk menjaga dan
memelihara kesejahteraan anggotanya untuk meningkatkan
pengabdian para anggota profesi dan untuk meningkatkan
mutu organisasi profesi. Dengan kode etik, guru
diharapkan mampu berfungsi secara optimal dan
profesional, dalam mengembangkan karakter dan budi
pekerti anak didik dan menjunjung wibawa lembaga serta
profesi pendidiksebagai kinerja pengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
kode etik guru terhadap kinerja guru pendidikan agama
Islam di Sekolah Dasar Negeri 008 Teluk Jira Kecamatan
Tempuling.
Rumusan masalah pada penelitian iniadalah, apakah
terdapat hubungan kode etik guru terhadap kinerja guru
pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 008
Teluk Jira Kecamatan Tempuling.
Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru
pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 008
Teluk Jira. Objek dalam penelitian ini adalah hubungan
kode etik guru terhadap kinerja guru pendidikan agama
Islam di Sekolah Dasar Negeri 008 Teluk Jira Kecamatan
Tempuling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data
adalah kuantitatif dengan rumus regresi sederhana.
Hasil dari observasi yang peneliti kumpulkan, maka
peneliti menemukan bahwa penghitungan menggunakan
rumus regresi sederhana melalui analisa data terhadap
kedua variabel diperoleh hasil sebesar 24,83 dan
besar dari 10,13 maka terima dan tolak
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan
kode etik guru terhadap kinerja guru pendidikan agama
Islam di Sekolah Dasar Negeri 008 Teluk Jira Kecamatan
Tempuling.