Implementasi Profesionalisme Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas di SDN 003 Tembilahan Hulu
Abstract
Dalam UUGD pasal 1 ayat 5, disebutkan bahwa
profesionalisme guru adalah pekerjaan atau kegiatan
yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber
peghaasilan kehidupan yang memerlukan kemahiran,
keahlian, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu
atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profei.
Maka implementasi profesionalisme guru kelas dalam
mengelola kelas adalah seseorang yang memiliki keahlian
dalam melaksanakan tugas mengajar. Dengan syarat
pengetahuan dan keterampilan khusus yang diperoleh dari
pendidikan akademis yang intensif. Tujuan dari
penelitian ini adalahuntuk mengetahui permasalahan
guru dalam mengelola kelas dikelas rendah dalam
pembelajaran di SDN 003 Tembilahan Hulu.
Peneliti ini menggunakan penelitian kualitatif.
Dikatakan deskriftif kualitatif karena penelitan ini
bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengelolaan data
yang berupa kalimat, gambaran yang terjadi dilapangan.
Objek dari penelitian ini adalah guru kelas, yaitu guru
kelas bawah. Jenis penelitian ini teknik non
probability sampling. Dengan pengumpulan data yang
digunakan adalah, observasi, wawancara terstruktur
Berdasarkan data tergolong yang ada dalam BAB IV
kemudian penulis dapat menyimpulkan bahwa kemampuan
guru kelas dalam mengelola kelas di SDN 003 Tembilahan
Hul memperoleh hasil dengan persentase 90% dan
dikategorikan “Baik” karena pada interval 81%-100%