Kesiapan Guru Kelas dalam melaksanakan Proses Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir
Abstract
Keberadaan pendidik sangat diperlukan dalam
mengembangkan potensi siswa, membantu siswa dalam
kesulitan, membimbing segala aktivitas yang ada
dikelas. Dengan adanya pendidik, siswa akan tumbuh
berkembang, terdidik pintar dan berkepribadian baik.
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai
berikut: Bagaimana kesiapan guru kelas dalam
melaksanakan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 1 Tembilahan Hulu, dan apa faktor-faktor yang
mempengaruhi?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kesiapan guru kelas dalam melaksanakan proses
pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri
Hilir, dan faktor-faktor yang mempengaruhi.
Jenis penelitian ini adalah penelitianf
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 22
orang guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Indragiri Hilir. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan teknik angket, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa
dengan menggunakan rumus persentase P = F
⁄N × 100%.
Hasil analisa data melalui angket dan wawancara
dapat disimpulkan sebagai berikut dapat disimpulkan
sebagai berikut: kesiapan guru kelas dalam melaksanakan
proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Indragiri Hilir, mencapai angka 78,60% dan
dikategorikan baik, karena angka 78,60% terletak pada
interval 61% - 80%. Faktor-faktor yang mempengaruhi
kesiapan guru kelas dalam melaksanakan proses
pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri
Hilir, adalah: 1) Faktor pendukung: Guru membuat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengalaman
kerja guru. Latar belakang pendidikan guru. Penataran
dan pelatihan yang diikuti guru. 2) Faktor penghambat:
Latar belakang siswa yang bervariasi. Motivasi belajar
siswa. Budaya baca siswa yang minim. Tingkat kesulitan
kurikulum yang harus dicapai siswa.