Meningkatkan Motorik Halus Melalui Media Visual Di TK Metro The Children Pulau Kijang Kecamatan Reteh
Abstract
Ketidak - tertarikan anak pada proses pembelajaran
disebabkan oleh penggunaan media atau bahan ajar yang
digunakan guru. Selain itu kesulitan anak dalam
memegang pensil/pena menyebabkan terhambatnya metorik
halus anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan
hasil pengunaan media visual untuk meningkatkan motorik
halus anak di TK Metro The Children Pulau Kijang
Kecamatan Reteh.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Desain penelitian ini menggunakan model John
Elliot yang dilakukan dalam dua siklus dengan melalui 4
tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi
(pengamatan)dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah 12 siswa kelas A TK Metro The Children Pulau
Kijang Kecamatan Reteh.Data didapat atau diperoleh
menggunakan observasi,catatan lapangan dan dokumentasi.
Data hasil penelitian,diketahui bahwa motorik halus
anak sebelum mendapatkan perlakuan/tindakan berada pada
kategori kurang baik dengan persentase 26%, Pada siklus
I berada pada kategori 48% cukup baik, sedangkan siklus
II berada pada kategori 82% sangatbaik.
Dengan demikian, penggunaan media visual dapat
meningkatkanmotorik halus siswa TK Metro TheChildren
Pulau Kijang Kecamatan Reteh.