Browsing Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini by Issue Date
Now showing items 1-20 of 55
-
Pengaruh Metode Bercakap-Cakap terhadap Keterampilan Berbicara pada Kelompok A di Pendidikan Anak Usia Dini As-Shofa Tembilahan Hulu
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2020-11-17)Pada penelitian yang dilakukan di kelompok A PAUD As-Shofa Tembilahan Hulu ditemukan beberapa anak yang masih kurang baik dalam hal berbicara, hal tersebut terlihat pada saat anak ditanya oleh guru anak cenderung diam saja, ... -
Upaya Guru dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B di TK As-Salam Pekan Arba Tembilahan
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2020-11-17)Penelitian ini dilatarbelakangi karena perkembangan sosial emosional anak masih belum berkembang secara maksimal. Sehingga masih ada anak yang memiliki rasa amarah ketika dilarang bermain, masih ada anak yang berebutan ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Tas Kotak Pelangi pada Kelompok Tk B di Paud Kasih Ibu Desa Danau Pulai Indah Kecamatan Kempas
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-01-16)Guru di tuntut harus mengenal dan sanggup mengguanakan metode mengajar secara tepat, karena metode mengajar adalah kemampuan dasar guru yang paling utama dalam meraih kesusksesan pembelajaran di sekolah. Tujuan yang ... -
Upaya Meningkatkan Keterampilan Sains Melalui Metode Percobaan (Experiment) Di Ra Al-Hidayah Seberang Tembilahan
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-01-16)Penulis melihat adanya permasalahan di sekolah RA Al-hidayah Seberang Tembilahan tentang rendahnya keterampilan sains pada anak usia dini dikelas B1. Salah satu upaya pemecahan masalah tersebut adalah melakukan Penelitian ... -
Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter 5 Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Desa Simpang Kateman Kecamatan Pelangiran
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-01-21)Penerapan pendidikan karakter di sekolah dikembangkan melalui pengalaman belajar dan proses pembelajaran yang bermuara pada pembentukan karakter dalam diri siswa. Pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar di ... -
Hubungan Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Anak pada Kelompok B TK Negeri Pembina Tembilahan
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-01-27)Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal anak dalam proses pembelajaran. Motivasi memiliki kaitan erat dengan minat belajar. Minat belajar merupakan kesenangan dan awal penggerak anak untuk mengikuti ... -
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Dengan Menggunakan Bahan Laut Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Hidayah Desa Simpang Tiga Daratan Kecamatan Enok
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-02-16)Bertitik tolak pada rendahnya kemampuan motorik halus anak di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Hidayah, maka strategi pengembangan kemampuan motorik halus anak yang baik dan tepat perlu di ketahui dan dipahami oleh guru, ... -
Peran Guru Terhadap Aktivitas Bermain Anak di TK As-Salam Pekan Arba Tembilahan
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-02-16)Penelitian ini dilatarbelakangi karena diketahui dalam proses bermain di luar kelas yang dilakukan oleh guru terlihat ada beberapa guru yang dalam mengendalikan tingkah laku anak dengan menakuti anak, ada anak saat bermain ... -
Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Melalui Kegiatan Menggambar TK As- Shafly Simpang Gaung Kecamatan Gaung.
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-02-16)Motorik halus ialah koordinasai otot yang menghasilkan gerakan-gerakan halus. Kegiatan menggambar pada anak usia dini adalah kegiatan yang menggunakan motorik halus karena di dalam kegiatan menggambar anak akan mengenggam, ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Di Ra An-Najah Km 9 Desa Petalongan Kecamatan Keritang
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-02-18)Guru dituntut harus mengenal Kemampuan motorik halus anak. Karena sangat penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan. Anak usia dini masih sering mengalami kesulitan dalam mengerjakan jari-jarinya untuk kegiatan ... -
Korelasi Metode Bermain Peran dengan Kreativitas Siswa Pendidikan Anak Usia Dini Al-Adawiyah Jalan Pelajar Kecamatan Tembilahan Hulu
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-02-26)Bermain peran adalah metode yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Kegiatan bermain peran diyakini dapat membuat anak lebih kreatif. Hasil tersebut diuraikan dalam ... -
Peran Guru Terhadap Aktivitas Bermain Anak di TK As-Salam Pekan Arba Tembilahan
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-03-01)Penelitian ini dilatarbelakangi pada minat belajar anak usia dini Raudhatul Athfal An-Nur Tembilahan yang masih belum berkembang secara optimal. Beberapa rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Bagaimana metode bercerita ... -
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Pendidikan Anak Usia Dini Ar Ridha Desa Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka
(STAI Auliaurrasyididn Tembilahan, 2021-04-22)Permasalahan yang dijumpai peneliti di Pendidikan Anak Usia Dini Ar Ridha Desa Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka yaitu sebagian besar anak belum mengenal huruf, sebab kesulitan dalam membaca lambang bunyi. Ada juga ... -
Meningkatkan Motorik Halus Melalui Media Visual Di TK Metro The Children Pulau Kijang Kecamatan Reteh
(STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, 2021-09-04)Ketidak - tertarikan anak pada proses pembelajaran disebabkan oleh penggunaan media atau bahan ajar yang digunakan guru. Selain itu kesulitan anak dalam memegang pensil/pena menyebabkan terhambatnya metorik halus ... -
Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Anak di TK Ar-Rahmah Desa Lahang Baru Kecamatan Gaung
(STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, 2021-09-04)Usia taman kanak-kanak merupakan usia emas, dimana anak terus mengalami perkembangan. Perkembangannya terjadi sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. Untuk meningkatkan perkembangan anak didik, banyak hal ... -
Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di PAUD Nurul Hilal
(STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, 2021-09-06)Kreativitas pada anak diindikasikan dengan kemandirian, percaya diri dan keterampilan anak memecahkan masalah. Pada penelitian yang dilakukan di PAUD Nurul Hilal ditemukan beberapa anak yang belum berkembang kreativitasnya, ... -
Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini di PAUD Bente Mandiri Desa Bente Kecamatan Mandah
(STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, 2021-09-14)Penelitian ini dilatar belakangi karena diketahui bahwa dalam proses belajar dan bermain di dalam ruangan yang dilakukan oleh guru di lihat masih kurang maksiml karna masih ada guru yang kurang memperhatikan perkembangan ... -
Upaya Guru dalam Menigkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Pemberian Penguatan (Reinforcement) di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Wardah Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning
(STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, 2021-10-28)Pujian atau respons positif yang diberikan oleh guru atau siswa yang telah menunjukan prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, anak akan merasakan bahwa perbuatannya dihargai, dan dengan demikian akan ... -
Peran Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran yang Kreatif dari Bahan Alam dan Bahan sisa di PAUD Az-Zahra Teluk Jira
(STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, 2021-10-28)Anak usia dini tidak terlepas dari media pembelajaran karena media merupakan salah satu penunjang dalam meningkatkan perkembangan anak. Penelitian ini dilatar belakangi karena diketahui bahwa guru menggunakan media yang ... -
Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas di Pendidikan Anak Usia Dini Harapan Bunda Kecamatan Enok
(STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, 2021-11-01)Pengelolaan kelas yang baik dapat menunjang optimalnya proses pembelajaran siswa di kelas yang melatar belakangi penelitian ini. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana strategi guru ...