Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Anak di TK Ar-Rahmah Desa Lahang Baru Kecamatan Gaung
Abstract
Usia taman kanak-kanak merupakan usia emas, dimana
anak terus mengalami perkembangan. Perkembangannya
terjadi sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan
fisiknya. Untuk meningkatkan perkembangan anak didik,
banyak hal yang ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut
salah satunya adalah kualitas kemampuan guru.
Bagaimanapun hebatnya teknologi, peran guru akan tetap
diperlukan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti
bahwa perkembangan motorik masih rendah yang ditandai
dengan sebagian anak didik belum mampu meniru bentuk dan
melompat, sebagian guru masih kurang peduli terhadap
tumbuh kembang motorik anak.
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan apa
peran guru dalam mengembangkan motorik anak di TK Ar-
Rahmah Desa Lahang Baru Kecamatan Gaung. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru
dalam mengembangkan motorik anak di Tk Ar-Rahmah Desa
Lahang Baru Kecamatan Gaung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif
deskriptif. Informan penelitian berjumlah 5 orang,
informan kunci/utama adalah guru yang berjumlah 3 orang
sedangkan yang menjadi informan tambahan adalah 2 orang
(kepala sekolah dan ketua yayasan). Teknik analisis data
melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam
mengembangkan motorik anak di TK Ar-Rahmah Desa Lahang
Baru adalah sebagai pembimbing, organisator dan
fasilitator.
Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan
bahwaperan guru dalam mengembangkan motorik anak di TK
Ar-Rahmah Desa Lahang Baru Kecamatan Gaung yaitu sebagai
pembimbing yang mengarahkan pembelajaran sesuai
bakat,sebagai organisator yang mengatur kegiatan motorik
serta sebagai fasilitator yang memberikan layanan guna
memberikan kemudahan untuk anak didik.