Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di PAUD Nurul Hilal
Abstract
Kreativitas pada anak diindikasikan dengan
kemandirian, percaya diri dan keterampilan anak
memecahkan masalah. Pada penelitian yang dilakukan di
PAUD Nurul Hilal ditemukan beberapa anak yang belum
berkembang kreativitasnya, hal tersebut terlihat pada
anak yang tidak prercaya diri dan tidak mandiri saat
proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh
mana metode bermain peran dapat digunakan untuk
meningkatkan kreativitas anak usia dini di PAUD Nurul
Hilal.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh
anak PAUD Nurul Hilal dengan jumlah 16 anak dan guru
kelas PAUD Nurul Hilal. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, catatan lapangan dan
dokumentasi.
Hasil penelitian pada prasiklus adalah 30% dengan
kategori tidak baik, pada siklus I adalah 57% dengan
kategori cukup baik, dan pada siklus II 93% dengan
kategori sangat baik.
Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan
bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan
kreativitas anak di Paud Nurul Hilal.