Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini di PAUD Bente Mandiri Desa Bente Kecamatan Mandah
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena diketahui
bahwa dalam proses belajar dan bermain di dalam ruangan
yang dilakukan oleh guru di lihat masih kurang maksiml
karna masih ada guru yang kurang memperhatikan
perkembangan motorik halus anak dan masih ada anak
lamban dalam perkembangannya sehingga ada anak yang
masih membutuhkan bantuan dan juga ransangan dalam
mengerjakan tugasdan masih ada anak yang saat memegang
pensil dan menggambar masih dengan arahan dari seorang
guru. Sehingga peneliti membatasi masalah menjadi peran
guru dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini
di PAUD Bente Mandiri Desa Bente kecamatan mandah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
denganpendekatan penelitian kualitatif
deskriptif.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Dalam
pengelolaan data peneliti menggunakan teknik
Tringgulasi data, dan teknik analisis data peneliti
menggunakan Miles dan Huberman
Wawancara dilakukan kepada informan kunci dalam
penelitian ini adalah para guru kelas PAUD Bente
Mandiri yang berjumlah 3 orang dan informan tambahan
berjumlah 1 orang yaitu kepala sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru dalam
mengembangkan motorik halus anak usia dini berperan
sebagai, menyiapkan peralatan dan lingkungan untuk
melatih keterampilan motorik anak, memperlakukan anak
dengan sama, memperkenal jenis keterampilan motorik,
meningkatkan kesabaran guru dalam menghadapi anakyang
lamban,saat melakukan aktivitas fisik menempatkan anak
pada tempat yang sama, memberikan aktivitas yang
bervariasi,memberikan aktivitas yang sesuai dengan
kemampuan anak
Kesimpulan penelitian ini adalah guru telah
melaksanakan perannya sebagai guru dalam mengembangkan
motorik halus di PAUD Bente Mandiri Desa Bente
Kecamatan Mandah.