Pelaksanaan Metode Drill dalam Menghafal Surat-Surat Pendek di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kuala Muda Kecamatan Tembilahan
Abstract
Metode drill adalah suatu cara menyajikan bahan
pelajaran dengan jalan melatih siswa agar menguasai
pelajaran dan terampil. Dari segi pelaksanaannya siswa
terlebih dahulu telah dibekali dengan pengetahuan
secara teori secukupnya. Kemudian dengan tetap
dibimbing oleh guru, siswa disuruh mempraktekkannya
sehingga menjadi mahir dan terampil. Permasalahan dalam
penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana
pelaksanaan metode drill dalam menghafal surat-surat
pendek di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kuala Muda
Kecamatan Tembilahan, dan apa faktor-faktor yang
mempengaruhi?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pelaksanaan metode drill dalam menghafal surat-surat
pendek di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kuala Muda
Kecamatan Tembilahan, dan faktor-faktor yang
mempengaruhi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1
orang guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah
Tsanawiyah Nurul Islam Kuala Muda Kecamatan Tembilahan.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa
dengan menggunakan rumus persentase P = F
⁄N × 100%.
Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara
dapat disimpulkan sebagai berikut: Pelaksanaan metode
drill dalam menghafal surat-surat pendek di Madrasah
Tsanawiyah Nurul Islam Kuala Muda Kecamatan Tembilahan,
mencapai angka 61,35% dan dikategorikan baik, karena
angka 61,35% terletak pada interval 61% - 80%. Faktorfaktor
yang mempengaruhi pelaksanaan metode drill dalam
menghafal surat-surat pendek di Madrasah Tsanawiyah
Nurul Islam Kuala Muda Kecamatan Tembilahan, adalah
sebagai berikut: 1) Faktor Pendukung: Keaktifan siswa,
Ketangkasan siswa, Ketegasan guru. 2) Faktor
Penghambat: Siswa mudah bosan. Terbatasnya sarana
pendukung.