Implementasi Metode Struktural Analitik di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Parit Senapang Semambu Kuning Kecamatan Gaung
Abstract
Metode yang digunakan selama ini tidak bervariasi
(metode eja), yang mengakibatkan siswa bosan, minat
baca berkurang, perhatian siswa tidak fokus,
menyebabkan kelas ribut, dan tujuan pembelajaran tidak
tercapai. Guru dalam mengajar tidak pernah menggunakan
media.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi metode struktural analitik sintetik di
kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Parit Senapang
Semambu Kuning Kecamatan Gaung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1
orang guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid
Parit Senapang Semambu Kuning Kecamatan Gaung. Data
dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan
menggunakan rumus persentase P = F
⁄N × 100%.
Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara
dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi metode
struktural analitik sintetik di kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Al-Rasyid Parit Senapang Semambu Kuning
Kecamatan Gaung, mencapai angka 66,67% dan
dikategorikan baik, karena angka 66,67% terletak pada
interval 61% - 80%. Hal ini terjadi karena: Guru telah
merekam bahasa yang digunakan siswa dalam percakapan
sehari-hari. Guru telah menampilkan gambar sesuai
materi sambil bercerita sesuai gambar. Guru telah
meminta siswa mengucapkan kata sesuai gambar. Guru
telah meminta siswa memisahkan kata menjadi suku kata.
Guru telah meminta siswa membaca dengan nyaring secara
bersama-sama. Guru telah meminta siswa membaca setiap
baris kalimat secara bergantian. Guru telah mengulangi
kegiatan membaca dengan menggunakan media gambar. Guru
telah memperhatikan pelafalan huruf. Guru telah
mengulangi kegiatn membaca setiap hari.