Implementasi Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir
Abstract
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang
dilakukan menggunakan internet sebagai tempat
menyalurkan ilmu pengetahuan. Bentuk pembelajaran
seperti ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun
tanpa terikat waktu dan tanpa harus bertatap muka.
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai
berikut: Bagaimana implementasi pembelajaran daring
kelas tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri
Hilir, dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi pembelajaran daring kelas tinggi di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir, dan
faktor-faktor yang mempengaruhi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 3
orang guru kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Indragiri Hilir. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa
dengan menggunakan rumus persentase P = F
⁄N × 100%.
Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara
dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi
pembelajaran daring pada kelas IV di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir, mencapai angka
64,44% dan dikategorikan baik, karena angka 64,44%
terletak pada interval 61% - 80%.