Pelaksanaan Komunikasi Verbal dan Nonverbal pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini kurangnya komunikasi
verbal dan nonverbal guru dalam memberikan gerakan tubuh
seperti tepuk tangan atau acungan jempol kepada siswa, serta
masih terdapat siswa kelas atas yang kurang lancar membaca,
dan kurangnya pemahaman bebrapa siswa terhadap penjelasan
materi oleh guru PAI.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan
komunikasi verbal dan nonverbal pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam disekolah dasar negeri 010 sungai beringin
kecamatan tembilahan.
Penelitian ini menggunakan jenis penilitian kualitatif,
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling
jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota
populasi digunakan sebagai sampel dan relative kecil kurang
dari 30 orang, sehingga sampel yang digunakan pada penelitian
ini yaitu 3 0rang guru yakni guru Pendidikan Agama Islam.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan reduksi
data, data display (penyajian data) dan conclusion (menarik
kesimpulan).
Hasil analisis data melalui observasi dan wawancara dapat
disimpulkan sebagai berikut: pelaksanaan Komunikasi Verbal dan
Nonverbal di Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin
Kecamatan Tembilahan, dalam pelaksanaannya, guru menggunakan
kedua tipe komunikasi (verbal dan nonverbal) ini secara
bersamaan, baik itu secara sadar maupun tidak. Komunikasi
verbal didasari dengan penguasaan dalam aspek kebahasaan
seorang tenaga pengajar yaitu penggunaan kata atau kalimat
yang sesuai dengan EYD, penggunaan bahasa baku dan populer
serta penerapan atau pemahaman makna dari setiap kata atau
kalimat yang diucapkan terhadap murid. Komunikasi nonverbal
sudah sepenuhnya dilaksanakan oleh guru pendidikan agama Islam
di SDN 010 Sungai Beringin, didasari dengan penguasaan dalam
aspek non-kebahasaan yang meliputi sikap, pandangan, gerakgerik
atau mimik, kelancaran, penguasaan topik serta
penggunaan suara/intonasi yang tepat.