Upaya Guru dalam Menigkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Pemberian Penguatan (Reinforcement) di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Wardah Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning
Abstract
Pujian atau respons positif yang diberikan oleh guru
atau siswa yang telah menunjukan prestasi, baik dalam bidang
akademik maupun non-akademik, anak akan merasakan bahwa
perbuatannya dihargai, dan dengan demikian akan menjadi
motivator untuk terus berusaha menunjukan prestasi
terbaiknya. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan
sebagai berikut: Bagaimana Upaya Guru dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Anak Melalui Pemberian Penguatan
(Reinforcement) Pendidikan Anak Usia Dini Al-Wardah Desa
Kemuning Muda Kecamatan Kemuning?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui
Pemberian Penguatan (Reinforcement) Pendidikan Anak Usia
Dini Al-Wardah Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
dengan informan 1 orang guru di Pendidikan Anak Usia Dini
Al-Wardah Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yang diterapkan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data di
analisa dengan cara mereduksi data hasil wawancara.
Hasil observasi tentang upaya guru dalam meningkatkan
motivasi belajar anak Pendidikan Anak Usia Dini Al-Wardah
Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning, mencapai angka 74,07%
dan dikategorikan baik. Hasil observasi tentang pemberian
penguatan (reinforcement) yang dilakukan guru di Pendidikan
Anak Usia Dini Al-Wardah Desa Kemuning Muda Kecamatan
Kemuning, mencapai angka 80,95% dan dikategorikan baik.
Hasil wawancara menunjukkan guru Pendidikan Anak Usia Dini
Al-Wardah Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning telah
mengungkapkan kata-kata pujian seperti baik, bagus, hebat
sekali, benar sekali, dan sebagainya untuk memberikan
penguatan kepada siswa. Guru memperlihatkan mimik wajah,
seperti senyum, mengangkat alis, dan tertawa sesuai dengan
konteks materi yang disampaikan.Ucapan lisan guru juga
didukung dengan menggerakkan anggota badan seperti tepuk
tangan, anggukan atau gelengan dan sebagainya. Untuk siswa
yang berkesulitan dalam menyelesaikan tugas, guru memberikan
bantuan sesuai kebutuhan dan jebis kesulitan siswa.
Kesimpulan penelitian ini adalah Pemberian penguatan
(reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar anak
Pendidikan Anak Usia Dini Al-Wardah Desa Kemuning Muda
Kecamatan Kemuning, telah dilakukan dengan baik dengan cara
mengungkapkan kata dan kalimat pujian secara lisan dengan
dukungan anggota tubuh serta pemberian hadiah.