Peran Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran yang Kreatif dari Bahan Alam dan Bahan sisa di PAUD Az-Zahra Teluk Jira
Abstract
Anak usia dini tidak terlepas dari media pembelajaran karena media merupakan salah satu penunjang dalam meningkatkan perkembangan anak. Penelitian ini dilatar belakangi karena diketahui bahwa guru menggunakan media yang tidak bervariasi sehingga menimbulkan kebosanan pada anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatifdengan pendekatan penelitian kualititif deskriptif. Informan kunci adalah guru yang berjumlah 3 orang, sedangkan yang menjadi informan tambahan adalah 1 orang kepala sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Adapun dalam pengolahan data peneliti menggunakan Teknik trianggulasi data yaitu membandingkan teori dengan data hasil tindakan, pengamatan, wawancara, dan teknik analisis dengan metode Miles And Huberman yang terbagi 3 yaitu : data reduksi, data diplay, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : guru mampu melaksanakan perannya sebagai perancang/desain media, pembuatan media dan evaluasi media. Guru juga memperhatikan pemilihan media yaitu disesuaikan dengan kebutuhan pemakai, didasarkan atas azas manfaat, berposisi ganda baik pada sudut pandang pemakai maupun kepentingan lembaga, memperhatikan kurikulum, memenuhi persyaratan kualitas, memperhatikan pula keseimbangan koleksi, dan memudahkan untuk memilih media pembelajaran kiranya menyertakan alat bantu penelusuruan informasi