Implementasi Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Luring di Sekolah Dasar Negeri 018 Harapan Tani Kecamatan Kempas
Abstract
Motivasi belajar siswa masih rendah yang
ditunjukkan dengan fakta sikap siswa yang tidak
bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran, yang
ditunjukkan dengan sikap lambat pada saat mengerjakan
tugas luring, tidak menghubungi guru pada saat
menghadapi kesulitan dalam mengerjakan tugas sehingga
tugas yang dikerjakan selalu tidak benar jawabannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi motivasi belajar siswa. Permasalahan dalam
penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana
implementasi motivasi belajar ekstrinsik pada
pembelajaran luring kelas kelas IV dan V di Sekolah
Dasar Negeri 018 Harapan Tani Kecamatan Kempas, dan
kendala yang dihadapi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kuaLitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 4
orang guru di Sekolah Dasar Negeri 018 Harapan Tani
Kecamatan Kempas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi, serta dianalisa dengan menggunakan rumus
persentase.
Hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa:
Implementasi motivasi belajar pada pembelajaran luring
di Sekolah Dasar Negeri 018 Harapan Tani Kecamatan
Kempas, mencapai 66,67% dan dikategorikan baik, karena
terletak pada interval 61% - 80%. Kendala yang dihadapi
dalam implementasi motivasi belajar ekstrinsik pada
pembelajaran luring kelas kelas IV dan V di Sekolah
Dasar Negeri 018 Harapan Tani Kecamatan Kempas, adalah:
Guru belum dapat memberikan penjelasan materi secara
langsung kepada siswa, melainkan hanya melalui group
whatsapp. Akibatnya penjelasan guru tidak dapat
dipahami siswa secara detil dan sebagian siswa
kesulitan dalam mengerjakan tugas. Guru hanya bisa
memberikan semangat dan motivasi belajar kepada siswa
melalui group whatsapp.