Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Sistem Luring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Dimasa Covid-19 Kelas V Di SDN 010 Tembilahan Hulu
Abstract
Virus Covid-19 di Indonesia saat ini berdampak bagi
seluruh masyarakat. Pendidikan merupakan salah satu
bidang yang berimbas pandemi Covid 19. Dimana masih ada
peserta didik yang tidak bersemangat dalam mengerjakan
tugas dan bahkan ada yang tidak mengerjakan tugas sama
sekali.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
pembelajaran luring di masa covid – 19, untuk mengetahui
bagaimana motivasi belajar siswa pada pembelajaran
tematik di masa covid- 29 dan apakah ada pengaruh
pembelajaran jarak jauh sistem luring terhadap motivasi
belajar siswa pada pembelajaran tematik di masa covid 19.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun
subjek pada penelitian yaitu kelas V C yang berjumlah 17
orang,sedangkan objek pada penelitian yaitu pengaruh
pembelajaran jarak jauh sistem luring terhadap motivasi
belajar siswa pada pembelajaran tematik. Tekhnik
pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi,
sedangkan tekhnik analisa data menggunakan rumus regresi
sederhana.
Dari hasil penelitian tentang Pengaruh Pembelajaran
Jarak Jauh Sistem Luring Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Pada Pembelajaran Tematik di Masa Covid 19 Kelas V di
SDN 010 Tembilahan Hulu dengan menggunakan rumus regresi
sederhan Dimana Fhitug > Ftabel atau 15,00> 4,54, maka dalam
penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima.
Dari hasil analisa data dapat disimpulkan. Bahwa
terdapat pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Sistem Luring
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik
di Masa Covid 19 Kelas V Tembilahan Hulu.