Kemampuan Guru Kelas dalam Melakukan Penilaian Autentik pada Aspek Psikomotor berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri 003 Tembilahan Hulu Kecamatan Tembilahan Hulu
Abstract
Kurikulum 2013 menuntut guru kelas untuk melakukan
penilaian terhadap hasil belajar yang mencakup hasil
belajar terhadap ranah afektif, kognitif, dan
psikomotor. Salah satu penilaian yang dapat guru kelas
lakukan adalah melalui penilaian portofolio yang
bertujuan untuk menunjukan kemajuan atau perkembangan
kemampuan peserta didik dalam satu peroide tertentu.
Untuk menghasilkan hasil penilaian yang sesuai
perkembangan siswa maka diperlukan kemampuan guru kelas
secara profesional untuk melakukan penilaian autentik.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
bagaimana kemampuan guru kelas dalam melakukan
penilaian autentik pada aspel psikomotor berbasis
kurikulum 2013 pada di Sekolah Dasar Negeri 003
Tembilahan Hulu. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam
penelitian ini ialah seluruh guru kelas, sedangkan yang
menjadi objek penelitian ini adalah kemampuan guru
kelas dalam melakukan penilaian autentik berbasis
kurikulum 2013 pada aspek psikomotor. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 10 orang guru kelas, dan
sampel berjumlah 10 orang guru kelas. Data dalam
penelitian ini di analisis dengan menggunakan rumus
presentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas
Sekolah Dasar Negeri 003 Tembilahan Hulu mampu
melakukan penilaian autentik pada aspek psikomotor
melalui penilaian portofolio, Hal ini di dukung dengan
bukti observasi yang mendapatkan hasil 66,2% dan
termasuk dalam kategori baik. Adapun factor yang
mempengaruhi kemampuan guru dalam melakukan penilaian
ialah adanya factor intern yaitu keterampilan dan
kesehatan, serta factor ekstern yaitu sarana dan
prasarana dan kegiatan guru di sekolah.