Penerapan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik di Kelas IV SDIT Fathur Rahman Tembilahan
Abstract
Pada pembelajaran daring guru harus mampu
menyesuaikan media yang akan digunakan pada proses
pembelajaran secara online. Pada fakta lapangan yang
ada disekolah SDIT Fathur Rahman Tembilahan terutama di
kelas IV guru yang bersangkutan hanya menggunakan media
yang berupa video slide-slide materi yang tentunya
membuat materi yang disajikan menjadi singkat dan
terbatas. Hal itu membuat pemahaman siswapun menjadi
terbatas dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan
sebuah solusi untuk meningkatkan hasil belajar tematik
siswa yaitu dengan menggunakan media audio visual.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar tematik siswa di
kelas IV SDIT Fathur Rahman dengan menggunakan media
audio visual. instrumen yang digunakan yaitu lembar
observasi untuk aktivitas guru dan lembar tes untuk
hasil belajar siswa.
Adapun hasil observasi pada siklus pertama adalah
dengan persentase 57,14% sedangkan pada pertemuan kedua
mencapai persentase 64,28% dengan kategori baik.
Selanjutnya hasil observasi pada siklus 2 pertemuan
pertama mencapai persentase 78,57% yang dikategorikan
baik dan begitu pula pada pertemuan kedua mendapatkan
hasil yang sama. Sedangkan untuk hasil belajar siswa
pada siklus 1 memperoleh persentase 58,33% yang
termasuk dalam kategori cukup baik. Selanjutnya, untuk
tes hasil belajar pada siklus 2 mendapatkan persentase
75% yang termasuk dalam kategori “Baik” dan mencapai
taraf indikator ketuntasan klasikal.