Pendidikan Islam Anak Usia Dini Judul Skripsi :Implementasi Permainan Konstruktif Anak Usia Dini Di PAUD Inhil Peduli Tembilahan
Abstract
Permainan konstruktif adalah permainan yang
terjadi ketika anak-anak melibatkan diri dalam suatu
kreasi atau konstruksi suatu produk atau suatu
pemecahan masalah yang merupakan hasil ciptaan sendiri.
Melalui permainan konstruktif, anak bebas mengembangkan
daya imajinasinya, mendorong anak untuk mampu
memecahkan masalah secara kreatif dan memberi peluang
bagi pencapaian untuk membangun rasa percaya diri.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui implementasi permainan konstruktif di
Pendidikan Anak Usia Dini Inhil Peduli Tembilahan.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh guru B di Pendidikan Anak Usia Dini
Inhil Peduli Tembilahan dengan menggunakan sampel total
yang berjumlah 3 orang guru dan 8 orang siswa B1. Data
dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data
yang terkumpul di analisa melalui model Miles dan
Huberman yakni data reduction, data display,
danconclusion drawing/verification.
Hasil penelitian di Pendidikan Anak Usia Dini
Inhil Peduli Tembilahan sudah dilaksanakan dengan
sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa Pendidikan Anak
Usia Dini Inhil Peduli Tembilahan yang mencapai angka
91,40% dan observasi kepada guru Pendidikan Anak Usia
Dini Inhil Peduli Tembilahanyang mencapai angka 93,75%
yang masukpada interval 81%-100% dan dikategorikan
SangatBaik.
Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi
permainan konstruktif yang terdiri dari permainan balok
dan plastisin di Pendidikan Anak Usia Dini Inhil Peduli
Tembilahan sudah dilaksanakan dengan sangat baik sesuai
dengan rancangan berupa RPPH. Guru dan anak Pendidikan
Anak Usia Dini Inhil Peduli Tembilahan sudah melakukan
langkah-langkah yang sangat baik dalam melakukan
permainan konstruktif.