Keterampilan Guru Memberikan Motivasi Belajar Siswa Paud Inhil Peduli Tembilahan
Abstract
Guru harus mempunyai salah satu keterampilan
mengajar, yaitu keterampilan memberikan penguatan.
Pemberian penguatan dianggap dapat memotivasi siswa
agar dapat terus melakukan sesuatu hal secara tetap dan
berkelanjutan ketika belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana keterampilan guru dalam memberi penguatan
untuk motivasi belajar siswa kelas B3 PAUD Inhil Peduli
Tembilahan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan
(field research). Subjek dalam penelitian ini adalah
guru dan siswa kelas B3 di PAUD Inhil Peduli
Tembilahan. Objek dalam penelitian ini adalah
keterampilan guru memberi penguatan dan motivasi
belajar siswa PAUD Inhil Peduli Tembilahan.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi, keterampilan guru memberi penguatan di
kelas B3 PAUD Inhil Peduli Tembilahan keterampilan guru
paud inhil peduli dalam memberikan penguatan mencapai
angka 83,33% sedangkan motivasi belajar siswa mencapai
angka 73,45%.
Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan
penulis maka dapat disimpulakn bahawa keterampilan guru
memberikan penguatan untuk motivasi belajar siswa di
PAUD INHIL Peduli termasuk kategori sangat baik
sedangkan motivasi belajar siswa nya termasuk kategori
tinggi. Kemudian beberapa Faktor-faktor yang
mempengaruhi keterampilan guru dalam memberi penguatan
baik yang bersifat mendukung maupun menghambat yaitu:
kompetensi guru, kreativitas guru, karakteristik
kepribadian, pengalaman, motivasi berprestasi dan iklim
belajar.