Peran Guru Dalam Penerapan Metode Bercerita di PAUD Mutiara Bunda Desa Sungai Rukam Kecamatan Enok
Abstract
Peran guru adalah seluruh perilaku atau tindakan
seorang guru untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan
wawasannya pada orang lain, yakni peserta didik.
penelitian ini dilakukan di PAUD Mutiara Bunda Desa
Sungai Rukam Kecamatan Enok.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui peran guru dalam penerapan
metode bercerita di PAUD Mutiara Bunda Desa Sungai
Rukam Kecamatan Enok.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif dan pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif
deskriptif. Subjek peneliian ini adalah guru kelas
kelompok A dan B di PAUD Mutiara Bunda dengan jumlah 2
orang guru. teknik pengumpulan data menggunakan teknik
Wawancara, Observasi, Triangulasi, dan Dokumentasi.
Hasil observasi peran guru kelas di PAUD Mutiara
Bunda desa Sungai Rukam Kecamatan Enok dengan
persentase 72,72% masuk pada kategori Baik. Sedangkan
penerapan guru kelas di PAUD Mutiara Bunda desa Sungai
Rukam Kecamatan Enok dengan persentase 75% juga masuk
pada kategori Baik. Peran guru yaitu sebagai
pembimbing,fasilitator, mediator dan motivator.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Peran
Guru Dalam Penerapan Metode Bercerita di PAUD Mutiara
Bunda Desa Sungai Rukam Kecamatan Enok sangat
berpengaruh terhadap penerapan metode bercerita