Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Partisipatif Tipe STAD di RA Nurul Hidayah Desa Beringin Mulya”
Abstract
Keterampilan sosial adalah kemampuan untuk
menciptakan hubungan sosial yang serasi dan memuaskan
berbagai pihak, dalam bentuk penyesuaian terhadap
lingkungan sosial dan keterampilan memecahkan masalah
sosial. Dalam keterampilan sosial tercakup kemampuan
mengendalikan diri, adaptasi, toleransi, berkomunikasi,
berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
keterampilan sosial anak melalui strategi kooperatif
partisipatif tipe STAD di RA Nurul Hidayah Desa
Beringin Mulya.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa
observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Observasi
yang dilakukan dalam penelitian ini adalah guru dan
anak yang berjumlah 19 orang dimana diantaranya 2 orang
guru dan 17 orang anak kelas B dan objek dalam
penelitian ini adalah keterampilan sosial anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Strategi
Pembelajaran Kooperatif Partisipatif Tipe STAD di RA
Nurul Hidayah Desa Beringin Mulya berdasarkan hasil
analisis data keterampilan sosial anak sebelum
menggunakan strategi pembelajaran kooperatif
partisipatif tipe STAD nilai rata-rata keterampilan
sosialnya masih rendah yaitu 33,00%. Setelah
menggunakaan strategi pembelajaran kooperatif
partisipatif tipe STAD keterampilan sosial anak
mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 50,69%, dan
keterampilan sosial anak siklus II berada pada 79,54%.