Implementasi Metode Karyawisata pada Kelompok B di RA. Hj. Fatimah Ali Tembilahan Hulu
Abstract
Dalam dunia Pendidikan penggunaan metode pembelajaran para pendidik juga sangat berpengaruh. Metode dalam mengajar akan berpengaruh terhadap keterampilan berbicara anak. Terdapat berbagai macam metode pembelajaran yang dapat diterapkan di PAUD, salah satunya metode karyawisata.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode karyawisata di RA Hj. Fatimah Ali Tembilahan Hulu dan yang mempengaruhi metode karyawisata di RA Hj. Fatimah Ali Tembilahan Hulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research). Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru di kelompok B yang ada di RA Hj. Fatimah Ali Tembilahan Hulu. Sedangkan yang menjadi informan tambahan atau pendukung adalah kepala sekolah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif melalui model Miles dan Huberman, yakni data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Selanjutnya data hasil observasi dianalisa dengan menggunakan rumus persentase P=F/N x 100%.
Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa implementasi metode karyawisata pada kelompok B di RA Hj. Fatimah Ali Tembilahan Hulu telah dilaksanakan sesuai dengan Langkah-langkah metode karyawisata dengan persentase 85%, yang masuk pada interval 81%-100% dan dikategorikan Sangat Baik. Dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode karyawisata di RA Hj. Fatimah Ali terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu dari sekolah, guru, siswa dan lingkungan. Selanjutnya faktor penghambatnya antara lain anak-anak agak sulit diatur (sulit dikondisikan), anak-anak masih malu untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dan anggaran dana yang dikeluarkan tidak sesuai perencanaan.