Analisis Pemasaran Budidaya Ikan Hias Air Tawar dalam Perspektif Ekonomi Islam di Kelurahan Tembilahn Hilir
Abstract
Pemasaran yang menguntungkan bagi usaha harus sesuai dengan nilai-nilai
pemasaran syariah dalam prinsip ekonomi islam, yaitu jujur, terpercaya, cerdas,
komunikatif dan berani. Observasi awal tanggal 28 November 2020, pelaku usaha
budidaya ikan hias air tawar di Kelurahan Tembilahan Hilir sudah berjalan baik.
Tetapi, masih ada yang tidak menerapkan pemasaran sesuai dengan nilai-nilai
pemasaran syariah.
Skripsi ini bertujuan mengkaji tentang analisis pemasaran budidaya ikan hias air
tawar dalam perspektif ekonomi islam di Kelurahan Tembilahan Hilir dengan
membandingkan hasil penelitian terhadap nilai-nilai pemasaran syariah dalam
prinsip ekonomi islam. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian bagaimana
pemasaran yang baik sesuai dengan nilai-nilai pemasaran syariah dalam ekonomi
islam.
Jenis penelitian adalah kualitatif, yakni penelitian yang menggunakan konsep
deskriptif kualitatif. Waktu penelitian ini mulai 14 Agustus 2021-14 November
2021. Subjek penelitian adalah para konsumen dan pelaku usaha budidaya ikan
hias air tawar, dan objek nya adalah usaha budidaya ikan hias air tawar di
Kelurahan Tembilahan Hilir. Teknik pengambilan sampel yaitu non probability
samping dengan cara porposive sampling dan incidental sampling . Metode
pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Adapun
teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Setelah penulis melakukan analisis data maka ditemukan hasil penelitian bahwa:
pelaku usaha melakukan pemasaran usahanya sudah menerapkan nilai-nilai
pemasaran syariah dengan baik dan sudah sesuai prinsip dalam perspektif
ekonomi islam. Namun belum maksimal hal ini dikarenakan, para pelaku usaha
masih minimnya ilmu pengetahuan secara mendalam tentang nilai-nilai
pemasaran syariah yang berakibat pelaku usaha berusaha menjalankan sesuai
dengan sepengetahuan mereka saja.
Jadi dapat disimpulkan bahwa analisis pemasaran dalam nilai-nilai pemasaran
syariah terhadap usaha budidaya ikan hias air tawar di Kelurahan Tembilahan
Hilir dengan membandingkan secara teori nilai-nilai pemasaran syariah yang
sesuai dengan prinsip ekonomi islam sudah diterapkan dengan baik, walaupun
belum maksimal.