Hubungan Motivasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 010 Tembilahan Hulu
Abstract
Motivasi sangat erat hubungannya dengan unsur minat
sehingga tepatlah minat merupakan alat motivasi yang pokok.
Permasalahan dalam penelitian ini antara lain: Adanya siswa
yang tidak mengerjakan dan mengantarkan tugas yang diberikan
oleh guru ke sekolah. masih ada siswa yang malas mengerjakan
tugas yang diberikan dan bergantung pada orang disekitarnya.
Masih ada siswa yang asal-asalan dalam menjawab soal-soal yang
ditugaskan oleh guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui motivasi
estrinsik belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di
SDN 010 Tembilahan Hulu pada masa pandemi covid-19. Kemudian
untuk mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran tematik
kelas V di SDN 010 Tembilahan Hulu pada masa pandemi covid-19.
Serta untuk Mengetahui hubungan motivasi terhadap minat
belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SDN 010
Tembilahan Hulu pada masa pandemi covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode korelasi. Subjek yang diteliti adalah siswa, adapun
objeknya adalah motivasi belajar terhadap minat belajar siswa.
Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V.A
yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data
menggunakan rumus korelasi pearson product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi belajar siswa
pada pembelajaran tematik kelas V di SDN 010 Tembilahan Hulu
dengan persentase akhir 72,55% dengan kategori “baik” karena
terletak pada interval 61% - 80%. Minat belajar siswa pada
pembelajaran tematik kelas V di SDN 010 Tembilahan Hulu dengan
persentase akhir 65,59% dengan kategori “baik” karena terletak
pada interval 61% - 80%. Ada hubungan yang signifikan antara
motivasi terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran
tematik di SDN 010 Tembilahan Hulu. Hal ini dibuktikan dengan
nilai hasil 𝒕𝒉𝒊𝒕𝒖𝒏𝒈 lebih besar dari 𝒕𝒕𝒂𝒃𝒆𝒍 atau 5,054 > 2,055,
maka 𝑯𝟎 ditolak dan 𝑯𝒂 diterima.