Hubungan Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 010 Tembilahan Hulu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
adanya hubungan pengelolaan kelas terhadap hasil
belajar siswa di kelas IV SDN 010 Tembilahan Hulu.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian
kuantitatif, subjek dalam penelitian ini yaitu siswa
Sekolah Dasar Negeri 010 Tembilahan Hulu. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik
pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi,
serta di analisis dengan menggunakan SPSS 22.0.
Hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa hasil
dari perhitungan korelasi product moment di ketahui
nilai sig. (2-tailed) antara pengelolaan kelas (x)
dengan hasil belajar (y) adalah sebesar 0,000<0,05 yang
berarti terdapat korelasi yang signifikan antara
variabel pengelolaan kelas dan hasil belajar. Di
ketahui nilai r hitung untuk hubungan pengelolaan kelas
(x) dengan hasil belajar (y) adalah sebesar 0,642 >
dari 0,374 maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan
atau korelasi anatara variabel pengelolaan kelas dan
variabel hasil belajar. Karena r hitung dalam analisis
ini bernilai positif maka itu artinya hubungan antara
kedua variabel tersebut bersifat positif.