Implementasi Metode Role Playing (Bermain Peran) Pada Kelompok B di Ra Hj.Fatimah Ali Tembilahan Hulu
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya temuan bahwa
masih terdapat beberapa anak yang kurang mampu
mengendalikan emosinya dengan baik, seperti masih
terdapat anak-anak yang masih kurang percaya diri, serta
anak lebih banyak diam sehingga anak tersebut kurang
aktif dalam berinteraksi dengan teman-temannya.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi metode bermain peran pada kelompok B di RA
Hj. Fatimah Ali Tembilahan Hulu. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan kunci
dalam penelitian ini adalah 2 orang guru, sedangkan yang
menjadi informan tambahan adalah Kepala Sekolah RA
Hj.Fatimah Ali Tembilahan Hulu.
Alat pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam pengelolaan data
peneliti menggunakan teknik trianggulasi data dan teknik
analisis data peneliti menggunakan metode Miles and
Huberman.
Hasil analisis data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi menunjukan Implementasikan metode Role
Playing (Bermain Peran)di RA Hj.Fatimah Ali Tembilahan
Hulu telah di laksanakan guru sesuai dengan langkahlangkah
metode bermain peran dengan persentase 88% di
kategorikan “Sangat Baik”. Sedangkan faktor-faktor yang
mempengaruhinya adalah media pembelajaran yang efektif,
kreativitas guru dan antusiasme peserta didik.