Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Sungai Salak Kecamatan Tempuling
Abstract
Sebagai sebuah lembaga pendidikan yang menerapkan
kurikulum 2013 maka secara langsung sekolah tersebut
akan menerapkan penilaian yang sesuai dengan kurikulum
2013 yaitu penilaian Autentik. Penilaian Autentik itu
sendiri memiliki makna yaitu sebagai suatu proses
pengumpulan, pelaporan dan penggunaan informasi tentang
hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip-prinsip
penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti
autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas
publik. Adapun masalah dalam penelitian ini, seperti
masih ada Guru yang kebingungan dalam menerapkan
penilaian autentik mereka masih kebingungan tentang
bagaimana cara mengolah nilai dan mengambil nilai siswa
karena dalam penilaian autentik banyak aspek yang harus
di kuasai guru dalam mengolah penilaian autentik.
Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk
mengetahui bagaimana implementasi penilaian autentik
pada mata pelajaran tematik di kelas V SDN 003 Sungai
Salak Kecamatan Tempuling.
Penelitan ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kuantitatif, Penelitian deskriftif
kuantitatif yang dimaksud peneliti dalam penelitian ini
adalah menggambarkan hasil penelitian melalui
perhitungan data secara kuantitatif. Dalam penelitian
ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan
diobservasi dan wawancarai oleh peneliti. Kemudian
hasil observasi dianalisis dengan menggunakan rumus
deskriptif analitik persentase
. Berdasarkan
dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti maka
didapatkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh
peneliti tentang Implementasi Penilaian Autentik pada
Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 003 Sungai Salak
adalah dikategorikan Baik dengan persentase 77% yang
berada di interval 61-80%.