Meningkatkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Proyek di TK ‘Ibadurrahman Desa Pasar Kembang Kecamatan Keritang
Abstract
Sosial emosional merupakan salah satu aspek
perkembangan dimana anak belajar berinteraksi dengan
orang lain sesuai aturan sosial dan mampu mengendalikan
perasaan. Pada Penelitian ini di latar belakangi
perkembangan sosial emosional anak yang belum optimal,
hal ini terlihat saat proses pembelajaran dan saat
bermain Masih ada anak yang tidak percaya diri
berinteraksi dengan guru serta teman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana dan berapa peningkatan sosial emosional anak
melalui metode proyek pada kelompok A TK „Ibadurrahman
Desa Pasar Kembang Kecamatan Keritang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilakukan dalam 2 siklus. 1 siklus dilaksanakan
dalam 3 kali pertemuan, masing-masing siklus terdiri
dari 4 langkah, yakni: perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah guru dan anak pada kelompok A TK „Ibadurrahman
Desa Pasar Kembang Kecamatan Keritang yang berjumlah 23
anak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan teknik obervasi, tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Untuk menganalisis data dengan menggunakan
rumus persentase.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa sosial
emosional anak pada pra-siklus 38%, siklus I 66,44%,
siklus II 82% dengan peningkatan Pra-siklus ke siklus I
sebesar 74,84% dan siklus I ke siklus II sebesar
23,41%.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode
proyek dapat meningkatkan sosial emosional anak di TK
„Ibadurrahman Desa Pasar Kembang Kecamatan Keritang.