Upaya Meningkatkan Keterampilan Sains Melalui Metode Percobaan (Experiment) Di Ra Al-Hidayah Seberang Tembilahan
Abstract
Penulis melihat adanya permasalahan di sekolah RA
Al-hidayah Seberang Tembilahan tentang rendahnya
keterampilan sains pada anak usia dini dikelas B1. Salah
satu upaya pemecahan masalah tersebut adalah melakukan
Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode
Pembelajaran Percobaan (experiment) Metode pembelajaran
Percobaan (experiment) adalah cara penyajian pelajaran,
dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan
membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Dengan
diterapkannya metode ini, siswa dituntut untuk terlibat
secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga
pembelajaran menjadi berkesan bagi siswa.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran
Percobaan (experiment) dalam meningkatkan keterampilan
sains pada kelas B.1 RA Al-hidayah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini
dilaksanakan di RA Al-hidayah Seberang Tembilahan dan
dilaksanakan selama 3 bulan yaitu mulai bulan Januari
sampai bulan maret 2020. Adapun subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas B1 dengan jumlah siswa 20 anak.
sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya
meningkatkan keterampilan sains melalui metode percobaan
(experiment) di RA Al-hidayah Seberang Tembilahan.
Hasil dari rekapitulasi memperlihatkan bahwa
keterampilan sains anak mengalami peningkatan dari tahap
pra siklus yang termasuk dalam criteria BSH dan BSB hanya
3 anak dengan persentsase15%, pada Siklus Icriteria BSH
dan BSB ada 14 anak dengan persentase 70% dan pada Siklus
II criteria BSH dan BSB ada 19 anak dengan persentase
95%. Pada penelitian ini peningkatan keterampilan anak
lebih dari 80% yag berarti perkembangan keterampilan anak
berkembang sangat baik.