Efektivitas Media Wayang Huruf Hijaiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah di RA Al-Munawwarah Tembilahan Kota
Abstract
Kemampuan mengenal huruf hijaiyah adalah kemampuan
dalam menunjukkan, menyebutkan dan membedakan huruf
hijaiyah. Masalah dalam penelitian ini adalah masih
terdapat beberapa anak yang sulit untuk membedakan dan
melafalkan huruf hijaiyah dan cenderung hanya menghafal
huruf tanpa memahami konsep huruf hijaiyah. Pada saat
anak diberikan kesempatan untuk menyebutkan huruf
hijaiyah yang ditunjukkan anak cenderung menghafal dan
menghitung dan mengurutkan kembali huruf tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
mengetahui bagaimana kemampuan anak sebelum dan sesudah
menggunakan permainan wayang huruf hijaiyah, mengetahui
bagaimana permainan wayang huruf hijaiyah digunakan
untuk meningkatkan kemampuan wayang hijaiyah dan
Mengetahui seberapa efektif wayang huruf hijaiyah dalam
meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di RA
Al-Munawwarah.
Penelitian ini menggunakan metode Pre-
Eksperimental Design dengan One-group Pre-test-Posttest.
Subjek dalam penelitian ini adalah Kelompok B1
dengan jumlah 24 anak. Sementara itu, Objek dalam
penelitian ini adalah Media wayang huruf hijaiyah dan
kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah. Data
dikumpulkan dengan menggunakan tes lisan, lembar
observasi guru dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak
dalam mengenal huruf hijaiyah adalah sebesar 67% (pretest)
dan 82% (post-test). Penggunaan media wayang
huruf hijaiyah yang dilakukan oleh peneliti dianggap
baik dengan presentase sebesar 83%. Sementara itu,
nilai Thitung ≥ Ttabel yaitu = 9,202 ≥ 2,069, maka H0
ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian, media wayang huruf hijaiyah
efektif untuk meningkatkan kemampuan huruf hijaiyah di
Raudhatul Athfal Al-Munawwarah Tembilahan dengan
tingkat efektivitas sebesar 9,202.