Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Tas Kotak Pelangi pada Kelompok Tk B di Paud Kasih Ibu Desa Danau Pulai Indah Kecamatan Kempas
Abstract
Guru di tuntut harus mengenal dan sanggup mengguanakan metode
mengajar secara tepat, karena metode mengajar adalah kemampuan dasar
guru yang paling utama dalam meraih kesusksesan pembelajaran di
sekolah. Tujuan yang ingin di raih dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan kemampuan matematika anak khususnya dibidang
mengenal Geometri dasar, mengenal pengurangan 1 – 10, mengetahui
konsep bilangan sama dan tidak sma dan mengetahui konsep bilangan
kurang dan lebih melalui metode bermain menggunakan media tas kotak
pelangi pada kelompok TK B di PAUD Kasih Ibu Desa Danau Pulai Indah
Kecamatan Kempas.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus. 1 siklus dilaksanakan dalam 3 kali
pertemuan, masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah, yakni:
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah anak kelompok TK B di PAUD Kasih Ibu Desa
Danau Pulai Indah Kecamatan Kempas yang berjumlah 14 anak. Data
dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi
(untuk guru), Tes kegiatan anak (untuk anak) dan dokumentasi.
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus
persentase.
Hasil analisis data menunjukkan kemampuan matematika anak
mengalami peningkatkatan. Pencapaian kemampuan matematika anak per
individu pada Pra Siklus menunjukkan 2 anak yang mencapai kriteria
BSB (Berkembang Sangat Baik) dengan interval skor 76 – 100. Pada
Siklus I meningkat menjadi 7 dan pada Siklus II meningkat lagi
menjadi 14 anak atau seluruh anak. Untuk pencapaian kemampuan
matematika disetiap aspek juga mengalami peningkatan yang Baik dari
Pra Siklus hingga Siklus II dilaksanakan, pada Pra Siklus diketahui
bahwa dari ke 4 aspek tidak ada satupun Aspek yang mencapai kriteria
BSB, pada Siklus I diketahui 2 aspek yang mencapai Kriteria BSB dan
pada Siklus II meningkat menjadi seluruh aspek atau 4 aspek yang
telah mencapai kriteria BSB. Untuk pencapaian kemampuan matematika
anak sendiri juga mengalami peningkatan yang baik, diketahui bahwa
kemampuan matematika anak pada Pra Siklus sebesar 42%, pada Siklus I
meningkat menjadi 72,3% dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi
99,1%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan matematika anak dapat
meningkat melalui metode bermain menggunakan media tas kotak
pelangi.