Analisis Strategi Promosi Usaha Cafe Getha di Kota Tembilahan Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
Pemilik cafe getha di kota Tembilahan menggunakan strategi promosi melalui
mulut ke mulut. Namun dalam mempromosikan masih ada masyarakat yang belum
mengetahui cara promosi menurut ajaran Islam. Adanya kendala dalam hal promosi
yaitu promosi yang dilakukan melalui penyampaian mulut ke mulut justru bisa
mengandung kebohongan dan penipuan (melebih-lebihkan apa yang mereka
promosikan agar penjualannya laku). Tidak sesuai dengan promosi dalam Islam.
Selain itu dapat dikhawatirkan dapat menimbulkan penyimpangan strategi promosi
yang dilarang dalam syariat Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi mulut ke mulut yang
dilakukan oleh pemilik Cafe Getha Di Kota Tembilahan dan mengetahui strategi
promosi usaha Cafe Getha di Kota Tembilahan dalam Perpektif Ekonomi Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. penelitian yang menjadi subjek
penelitian adalah karyawan dan pembeli di cafe getha kota Tembilahan. Sedangkan
objek adalah strategi promosi usaha cafe getha di Kota Tembilahan dalam
perspektif ekonomi Islam. Pengambilan sampel dengan teknik Snowbell Sampling.
Dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian promosi cafe getha tersebut melakukan proses promosi
melalui cara tradisional yaitu melalui penyampaian dari mulut ke mulut. Terdapat
etika komunikasi bisnis Islam diantaranya adalah kejujuran,keakuratan informasi,
bebas dan bertanggung jawab, adil dan tidak memihak, kritik-konstruktif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses promosi Cafe Getha belum
sepenuhnya melakukan proses promosi menurut perspektif ekonomi Islam, hal ini
dapat dilihat dari etika komunikasi bisnis Islam pada bagian kritik-konstruktif yang
mana seharusnya sebagai pembeli/konsumen di Cafe harus berani menyampaikan
kritik, bukan berdiam saat ada ketidaksesuaian di cafe. Ketika pembeli dan pihak
cafe terbuka maka cafe getha pun akan menjadi cafe yang lebih baik lagi
kedepannya.