• Login
    View Item 
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Ekonomi Syari'ah
    • View Item
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Ekonomi Syari'ah
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Promosi Usaha Cafe Getha di Kota Tembilahan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Nengsih Amelia (2.869Mb)
    Date
    2023-01-31
    Author
    Amelia, Nengsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemilik cafe getha di kota Tembilahan menggunakan strategi promosi melalui mulut ke mulut. Namun dalam mempromosikan masih ada masyarakat yang belum mengetahui cara promosi menurut ajaran Islam. Adanya kendala dalam hal promosi yaitu promosi yang dilakukan melalui penyampaian mulut ke mulut justru bisa mengandung kebohongan dan penipuan (melebih-lebihkan apa yang mereka promosikan agar penjualannya laku). Tidak sesuai dengan promosi dalam Islam. Selain itu dapat dikhawatirkan dapat menimbulkan penyimpangan strategi promosi yang dilarang dalam syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi mulut ke mulut yang dilakukan oleh pemilik Cafe Getha Di Kota Tembilahan dan mengetahui strategi promosi usaha Cafe Getha di Kota Tembilahan dalam Perpektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. penelitian yang menjadi subjek penelitian adalah karyawan dan pembeli di cafe getha kota Tembilahan. Sedangkan objek adalah strategi promosi usaha cafe getha di Kota Tembilahan dalam perspektif ekonomi Islam. Pengambilan sampel dengan teknik Snowbell Sampling. Dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian promosi cafe getha tersebut melakukan proses promosi melalui cara tradisional yaitu melalui penyampaian dari mulut ke mulut. Terdapat etika komunikasi bisnis Islam diantaranya adalah kejujuran,keakuratan informasi, bebas dan bertanggung jawab, adil dan tidak memihak, kritik-konstruktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses promosi Cafe Getha belum sepenuhnya melakukan proses promosi menurut perspektif ekonomi Islam, hal ini dapat dilihat dari etika komunikasi bisnis Islam pada bagian kritik-konstruktif yang mana seharusnya sebagai pembeli/konsumen di Cafe harus berani menyampaikan kritik, bukan berdiam saat ada ketidaksesuaian di cafe. Ketika pembeli dan pihak cafe terbuka maka cafe getha pun akan menjadi cafe yang lebih baik lagi kedepannya.
    URI
    https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/392
    Collections
    • Skripsi - Ekonomi Syari'ah [79]

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin
     

     

    Browse

    Scientific RepositoryAll CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin