Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak di PAUD Inhil Peduli Tembilahan
Abstract
Dalam proses mengembangkan dan merangsang
kreativitas anak usia dini diperlukan suatu metode
pembelajaran. Salah satunya guru dapat menggunakan
metode eksperimen dalam mengembangkan kreativitas anak.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui kreativitas anak PAUD INHIL Peduli
Tembilahan sebelum dan sesudah menggunakan metode
eksperimen dan bagaimana eksperimen pencampuran warna
digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak PAUD
INHIL Peduli Tembilahan.
Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian
Tindakan Kelas. Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah guru dan seluruh anak PAUD Inhil Peduli
Tembilahan yang berjumlah 35 orang dengan jumlah sampel
guru 1 orang dan anak kelompok A yang berjumlah 8
orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa
dengan menggunakan rumus persentase
⁄ .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kedua
siklus percobaan melalui 6 pertemuan dalam kegiatan
pencampuran warna untuk mengembangkan kreativitas anak
di PAUD INHIL Peduli Tembilahan mengalami peningkatan
yang sangat baik. Perkembangan kreativitas ini dapat
dilihat dari pra tindakan mencapai persentase 59,38%
dengan kategori Cukup atau Mulai Berkembang (MB),
kemudian perkembangan kreativitas siswa pada siklus I
mencapai 73,44% pada kategori Baik atau Berkembang
Sesuai Harapan (BSH) dan mengalami peningkatan pada
siklus II menjadi 90,63% dengan kategori Sangat Baik
atau Berkembang Sangat Baik(BSB).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode
eksperimen melalui kegiatan pencampuran warna dapat
mengembangkan kreativitas anak Kelompok A di PAUD INHIL
Peduli Tembilahan. Artinya kreativitas anak melalui
kegiatan pencampuran warna di PAUD INHIL Peduli
Tembilahan mengalami perkembangan lebih dari 80% yang
berarti penelitian ini dapat dikatakan berhasil.