Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Gambar di Pendidikan Anak Usia Dini Darunnadwah Kelurahan Teluk Pinang
Abstract
Strategi meningkatkan kemampuan berbicara anak
yang baik dan tepat perlu diketahui dan dipahami oleh
guru, agar potensi-potensi kemampuan berbicara anak
dapat meningkat secara optimal sesuai dengan tahaptahap
perkembangannya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah melalui
metode bercerita dengan menggunakan media gambar di
Pendidikan Anak Usia Dini Darunnadwah Kelurahan Teluk
Pinang.
Penelitian Tindakan Kelas dilakukan 2 siklus dan
setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Masingmasing
siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data
digunakan observasi, catatan lapangan, tes dan
dokumentasi. Analisis hasil kemampuan berbicara
dilakukan secara kuantitatif.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa, kemampuan
berbicara anak prasiklus berada pada 35,56%, siklus I
berada pada 55,97%, dan siklus II berada pada 88,47%.
Perbedaan peningkatan kemampuan berbicara anak
pada prasiklus ke siklus I sebesar 28,41%, dan siklus I
ke siklus II sebesar 32,50%. Maka perbedaan peningkatan
ini menunjukkan bahwa, kegiatan sebelum dan sesudah
melalui metode bercerita dengan menggunakan media
gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usa
dini di Pendidikan Anak Usia Dini Darunnadwah Kelurahan
Teluk Pinang.