Hasil Belajar Siswa PAUD Az-Zahra Kecamatan Gaung Anak Serka Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia memperoleh ilmu pengetahuan setelah proses pembelajaran terjadi. Setiap proses belajar mengajar keberhasilannya diukur dari seberapa jauh hasil belajar yang dicapai siswa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa PAUD Az-Zahra Kecamatan Gaung Anak Serka pada masa pandemi dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa PAUD Az-Zahra sebanyak 17 orang. Dalam penelitian ini sampel tidak digunakan karena populasinya sedikit, yaitu kurang dari 100 maka dinamakan penelitian populasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dijumlahkan dan dianalisa.
Hasil tes kognitif siswa dan wawancara menunjukkan bahwa hasil belajar siswa PAUD Az-Zahra Kecamatan Gaung Anak Serka selama masa pandemi masih baik dan berkembang sesuai harapan dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai rata-rata nilai 71. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut antara lain peran dan pemahaman orang tua terhadap perkembangan anak, faktor keterbatasan siswa dalam memiliki handphone (Hp), jaringan internet yang kadang bermasalah serta faktor penggunaan kuota internet yang membutuhkan biaya dan kemampuan orang tua dalam memberikan fasilitas pendidikan secara daring.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa PAUD Az-Zahra Kecamatan Gaung Anak Serka selama masa pandemi masih baik dan berkembang sesuai harapan 71 yang artinya masih dikategorikan Baik atau Berkembang Sesuai Harapan. Dan faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah peran orang tua, keterbatasan jaringan dan fasilitas yang dimiliki siswa serta biaya yang terbatas.