Pengaruh Keterampilan Guru Kelas Dalam Mengadakan Variasi Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN 003 Tembilahan Hulu
Abstract
Keterampilan mengadakan varasi ini ditjukan untuk
menciptakan pemebelajaran yang sesusai dengan kebutuhan,
minat, kemampuan, dan gaya siswa dalam mengikuti
pembelajaran. Guru memiliki peran yang sangat penting
dalam membangun motivasi peserta didik, terutama dalam
kegiatan belajar Sehingga siswa dapat terdorong dalam
mengikuti pembelajaran dan dapat berfungsi sebagai
pendorong usaha dan pencapaian hasil atau prestasi
belajar yang baik dalam proses belajar mengajar.
Tujuan dari penelitian berdasarkan rumusan masalah
adalah untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh antara
keterampilan guru kelas dalam mengadakan variasi
mengajarterhadap motivasi belajar siswa SDN 003
Tembilahan Hulu.jenis penelitian ini adalah menggunakam
penelitian kuantitatif. kuantitaif merupakan penggunakan
angka mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap
data tersebut, serta penampilan dari hasilnya.
Sabjek dari penelitian ini adalah siswa,Objek dari
penelitian ini adalah keterampilan guru kelas dalam
mengadakan variasi. peneliti menggunakan teknik
pengambilan sampel non probability Sampling. Dengan
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner
(angket) dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang ada pada bab iv kemudian penulis
dapat menyimpulkan bahwaketerampilan guru kelas dalam
mengadakan variasi mengajar terhadap motivasi belajardi
IV sdn 003 tergolong “Sangat Baik”. Hal ini di dapat
dari persentase 80.85%, karena teletak pada interval 81%
– 100% untuk variabel x, variabel Y tergolong “Sangat
Baik”. Hal ini didapat dari persentase 88.87% teletak
pada interval 81% – 100%