Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard di Raudhatul Athfal Sabilil Huda Sanglar Kecamatan Reteh
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kemampuan
kognitif anak masih belum optimal. Sebagian anak belum
dapat menyebutkan lambang bilangan dan huruf, hal
tersebut terlihat pada saat guru mengajak anak untuk
menyebutkan lambang bilangan dan huruf abjad. Terdapat
sebagian anak yang masih belum lancar dalam menyebutkan
lambang bilangan dan huruf abjad.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kognitif anak melalui media flashcard.
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam 3
kali pertemuan, begitu juga dengan siklus II.Dan masingmasing
siklus terdiri dari 4 langkah, yakni perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Data dalam penelitian
ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes,
dokumentasi dan catatan lapangan.Selanjutnya data yang
terkumpul dianalisis menggunakan rumus persentase.
Hasil analisis data pencapaian kemampuan kognitif anak
pada pra siklus sebanyak 4 anak(20%)mencapai kriteria BSB
(Berkembang Sangat Baik) dengan interval nilai 76-100.Dengan
kriteria BSB meningkat menjadi anak(50%) dan pada Siklus II
meningkat menjadi 18 anak (90%).
Dengan demikian kemampuan kognitif anak dapat
meningkat melalui media flashcard sebesar 35%.