Pengaruh Bimbingan Orang tua Dan Minat Belajar Tehadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II di Sekolah Dasar Negeri 003 Tembilahan Hulu
Abstract
Berdasarkan Permasalahan penelitian atau studi
pendahuluan yang dilakukan observasi pada tanggal 11
Desember 2021,peneliti menemukan beberapa gejala yang
berhubungan dengan minat belajar siswa, bahwa pada
saat bertanya kepada guru, dan guru menjelaskan bahwa
siswa yang kurang suka terhadap materi yang telah
diajarkan yaitu di pembelajaran Tematik dikarenakan
siswa kesulitan dalam memahami pembelajarannya,dan
siswa kurang memperhatikan dan mengkonsentrasikan
pikirannya terhadap pembelajaran. Oleh karena itu,
Bimbingan orangtua harus terus dilakukan agar hasil
belajar siswa bisa maksimal.
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini
adalah : Untuk Mengetahui Apakah ada pengaruh
bimbingan orangtua dan minat belajar terhadap Hasil
dalam Pembelajaran Tematik siswa Kelas II Di Sekolah
Dasar Negeri 003 Tembilahan Hulu.
Jenis Penelitian yang dipilih peneliti adalah
penelitian Kuantitatif. Teknik Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan Angket, Tes, dan
Dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini adalah 183
orang siswa dan orangtua sehingga menngunakan
penarikan sampel mendapatkan sampel 72 siswa dan
orangtua.
Berdasarkan hasil penelitian dipaparkan bahwa
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda Ternyata
FHitung ≥ FTabel atau 171,25 ≥ 131,1, maka tolak H0 dan
Ha diterima terdapat pengaruh yang signifikan antara
bimbingan orang tua dan minat belajar terhadap hasil
belajar dalam pembelajaran Tematik kelas II di SDN
003 Tembilahan Hulu.