Kompetensi Profesional Guru di SDIT Fathur Rahman Tembilahan
Abstract
E. Mulyasa mengemukakan seorang yang dimaksud
dengan kompetensi profesional adalah kompetensi dasar
tentang disiplin ilmu yang dipelajarinya atau yang
menjadi bidang spesialisasinya baik penguasaan teoritis
maupun praktis, kemampuan didaktis, metodik,
psikologis, keterampilan perencanaan serta kemampuan
mengevaluasi hasil belajar mengajar.
Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui
bagaimana Profesionalisme Guru.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian
deskriftif kualitatif. subjek dalam penelitian ini
adalah guru dikelas tinggi SDIT Fathur Rahman
Tembilahan, Objek dalam penelitian ini adalah
kompetensi Profesionalisme Guru di kelas tinggi DI SDIT
Fathur Rahman Tembilahan. Populasi dari penelitian ini
adalah guru SDIT FATHUR RAHMAN. Guru sertifikasi yang
berjumlah 3 orang. Penelitian yang digunakan pada
penelitian ini menggunakan teknik purvosive sampling
Yaitu guru dikelas tinggi. Teknik pengumpulan data
adalah Observasi, wawancara, dokumentasi. Selanjutnya
data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus
P =
x 100%.
Dari hasil observasi dapat diambil kesimpulan
kompetensi profesional guru dalam memotivasi peserta
didik dalam belajar di SDIT Fathur Rahman Tembilahan
maka didapat persentase 100% yang terletak pada
interval 81% - 100% kategori “sangat baik”. Dalam hal
ini profesional gurudi SDIT Fathur Rahman Tembilahan
maka didapat persentase 100% yang terletak pada
interval 81% - 100% kategori “sangat baik”.