Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 008 Simpang Gaung Kecamatan Gaung
Abstract
Latar belakang masalah yang ditemukan yaitu
rendahnya motivasi belajar siswa yang terlihat dari siswa
tidak bersemangat mengikuti pelajaran, lesu, mengantuk,
sering keluar masuk kelas, kadang-kadang datang
terlambat, tugas-tugas dan pr kadang tidak dikerjakan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui
apakah pemberian reward berpengaruh terhadap motivasi
belajar siswa, Untuk mengetahui apakah pemberian
punishment berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa,
Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian reward dan
punishment terhadap motivasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 93
siswa. Sampel dalam penelitian ini 30 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan
dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan regresi
linear berganda.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, Melalui
analisis data uji t variabel reward (X1) terhadap
motivasi belajar (Y) maka diperoleh hasil t hitung
(5,364) ≥ t tabel (1,669), sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang
signifikan antara pemberian reward terhadap motivasi
belajar siswa, variabel punishment (X2) terhadap motivasi
belajar (Y) maka diperoleh hasil t hitung (1,755) ≥ t
tabel (1,669), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara
pemberian punishment terhadap motivasi belajar siswa,
Fhitung (5,51) ≥ Ftabel (3,35), sehingga H0 ditolak dan
Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh pemberian
reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa
kelas IV pada pembelajaran tematik di sekolah dasar
negeri 008 simpang gaung kecamatan gaung.