dc.description.abstract | Media adalah sarana pembelajaran yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi aktivitas belajar. Media
dapat diartikan sebagai “perantara” yang menghubungkan
antara guru atau instruktur dengan siswa. Media dapat
digunakan untuk mendukung terciptannya proses
pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk
mengetahui apakah ada pengaruh antara Keterampilan Guru
Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan
Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Fiqih di
Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Batang Tuaka.
Subjek dalam penelitian ini yaitu untuk Variabel X
adalah guru mata pelajaran Fiqih yang berjumlah 3 orang,
sedangkan untuk Variabel Y adalah siswa kelas X, XI dan
XII yang berjumlah 117 Orang, karena jumlah populasinya
lebih dari 100, maka peneliti menggunakan sampel yaitu
15% dari jumlah keseluruhan siswa, sehingga populasi yang
diteliti berjumlah 32 orang. Sedangkan teknik pengumpulan
data peneliti menggunakan teknik observasi dan
dokumentasi. Adapun teknik analisa data peneliti
menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi
terhadap variabel X dan variabel Y maka dapat penulis
simpulkan bahwa pengaruh keterampilan guru dalam
memanfaatkan media pembelajaran terhadap keaktifan
belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran Fiqih di
Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Batang Tuaka
Terdapat pengaruh Yang Signifikan, karena ditunjukkan
dengan angka 7,04. Apabila –Ftabel ≤ Fhitung ≥ Ftabel,(-4,15
≤ 7,04 ≥ 4,15) maka Ho ditolak, dan angka 7,04 terletak
pada daerah penolakan Ho, maka Ha diterima. Jadi
hasilnya Fhitung berada didaerah penolakan Ho atau Fhitung
lebih besar dari Ftabel maka terdapat pengaruh antara
keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran
terhadap keaktifan belajar siswa dalam kegiatan
pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Nurul Huda
Kecamatan Batang Tuaka. | id_ID |