Show simple item record

dc.contributor.advisorSyahid, Abd
dc.contributor.authorAbdiansyah, Abdiansyah
dc.date.accessioned2025-02-19T02:10:31Z
dc.date.available2025-02-19T02:10:31Z
dc.date.issued2023-01-04
dc.identifier.urihttps://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/427
dc.description.abstractMedia adalah sarana pembelajaran yang dapat digunakan untuk memfasilitasi aktivitas belajar. Media dapat diartikan sebagai “perantara” yang menghubungkan antara guru atau instruktur dengan siswa. Media dapat digunakan untuk mendukung terciptannya proses pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Keterampilan Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Batang Tuaka. Subjek dalam penelitian ini yaitu untuk Variabel X adalah guru mata pelajaran Fiqih yang berjumlah 3 orang, sedangkan untuk Variabel Y adalah siswa kelas X, XI dan XII yang berjumlah 117 Orang, karena jumlah populasinya lebih dari 100, maka peneliti menggunakan sampel yaitu 15% dari jumlah keseluruhan siswa, sehingga populasi yang diteliti berjumlah 32 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data peneliti menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi terhadap variabel X dan variabel Y maka dapat penulis simpulkan bahwa pengaruh keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Batang Tuaka Terdapat pengaruh Yang Signifikan, karena ditunjukkan dengan angka 7,04. Apabila –Ftabel ≤ Fhitung ≥ Ftabel,(-4,15 ≤ 7,04 ≥ 4,15) maka Ho ditolak, dan angka 7,04 terletak pada daerah penolakan Ho, maka Ha diterima. Jadi hasilnya Fhitung berada didaerah penolakan Ho atau Fhitung lebih besar dari Ftabel maka terdapat pengaruh antara keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Batang Tuaka.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherSTAI Auliaurrasyidin Tembilahanid_ID
dc.relation.ispartofseriesAbdiansyah Skripsi;1209.17.08133
dc.subjectResearch Subject Categories::HUMANITIES and RELIGIONid_ID
dc.titlePengaruh Keterampilan Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Batang Tuaka.id_ID
dc.typeThesisid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record