• Login
    View Item 
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Ekonomi Syari'ah
    • View Item
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Ekonomi Syari'ah
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kelurahan Sungai Salak dalam Perspektif Ekonomi Islam

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Agustina Herawati (1.762Mb)
    Date
    2024-06-28
    Author
    Herawati, Agustina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi saat ini kian terasa manfaatnya bagi penggunanya. Bahkan sebagian orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, salah satunya adalah aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kelurahan Sungai Salak. Namun, masih banyak pelaku UMKM yang kurang memahami cara memanfaatkan internet dalam memasarkan produk dan masih ada yang belum menerapkan prinsip-prinsip komunikasi bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Digital Marketing yang diterapkan oleh pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah di Sungai Salak menurut prinsip-prinsip komunikasi bisnis Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif Kualitatif dengan metode pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu purposive sampling yang terdiri dari 5 orang pelaku UMKM di Sungai Salak. Subjek penelitian adalah pelaku UMKM di Sungai Salak, sedangkan Objek penelitian ini adalah digital marketing pada UMKM di Sungai Salak dalam perspektif ekonomi Islam. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan penerapan digital marketing pada UMKM di Kelurahan Sungai Salak belum sepenuhnya memenuhi indikator digital marketing yakni Entertainment dan informativeness. Accsesibility menggunakan Facebook, interaktif melalui komentar dan obrolan pribadi, Entertainment dengan berpantun, video dan musik. credibility dengan sering mengunggah usaha, dan informativeness dengan memberikan contoh gambar asli. Selanjutnya, ditinjau dari prinsip komunikasi bisnis Islam belum sepenuhnya menerapkan prinsip Qaulan syadida dan Qaulan layyina. Qaulan syadida dengan mendeskripsikan produk dengan fakta. Qaulan baligha menggunakan bahasa yang dimengerti dan terkadang menggunakan bahasa Banjar. Qaulan ma’rufa dengan perkataan baik dan tidak menyakiti perasaan. Qaulan layyina dengan kalimat ajakan dan pemberian contoh realpict. Qaulan maisura dengan bernegosiasi kepada konsumen. Terakhir qaulan karimah dengan saling menghormati. Peneliti menyimpulkan bahwa digital marketing pada UMKM di Kelurahan Sungai Salak dari indikator digital marketing belum sepenuhnya memahami tentang digital marketing. Seperti penerapan Entertainment dan informativeness. Selanjutnya penelitian ini ditinjau dari prinsip-prinsip komunikasi bisnis Islam belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip komunikasi bisnis Islam. Seperti penggunakan foto referensi dari internet untuk promosi, hal ini melanggar Qaulan layyina dan Qaulan syadida (jujur/fakta).
    URI
    https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/429
    Collections
    • Skripsi - Ekonomi Syari'ah [79]

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin
     

     

    Browse

    Scientific RepositoryAll CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin