Peran Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Tatap Muka Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Desa Gembira Kecamatan Gaung
Abstract
Orang tua memainkan peran penting, mereka sangat
berpengaruh dalam pendidikan anak-anak mereka. Model
pebelajaran tatap muka merupakan proses pembelajaran
yang penting untuk menunjang keberhasilan belajar
siswa. Oleh karena itu juga dibutuhkan peranan orang
tua murid pada pelaksanaan sekolah tatap muka.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana peran orang tua yang mendukung pembelajaran
tatap muka di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Desa
Gembira Kecamatan Gaung Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui peran orang tua yang mendukung
pembelajaran tatap muka di Madrasah Tsanawiyah Nurul
Iman Desa Gembira Kecamatan Gaung.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh orang tua siswa dan teknik
pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh yaitu
seluruh orang tua siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman
Desa Gembira sebanyak 60 orang. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan dengan menggunakan angket, dan
dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa
dengan menggunakan rumus persentase
⁄ .
Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa
perolehan jawaban angket orang tua siswa adalah 61%
yang termasuk dalam kriteria Baik. Artinya peran peran
orang tua dalam mendukung pembelajaran tatap muka di
Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Desa Gembira Kecamatan
Gaung dapat dikategorikan baik.