Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar Di Paud Anugerah Desa Sungai Baru Kecamatan Gaung, Semester II, Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu
kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat pada umumnya
masih rendah. Hal ini dapat diketahui dengan masih
banyaknya orang–orang yang belum mampu menghasilkan
karyanya sendiri, mereka masih meniru karya milik orang
lain. Keadaan tersebut disebabkan karena kurangnya
pengembangan kreativitas sejak usia dini. Anak–anak usia
dini pada khususnya di Paud Anugerah Desa Sungai
Baru Kecamatan Gaung juga masih memiliki daya
kreativitas yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari
kegiatan anak sehari-hari dimana masih menunggu guru,
tidak mempunyai ide sendiri, belum bisa mengungkapkan
idenya sendiri kalau tidak dibantu oleh guru, anak-anak
masih tergantung dengan guru.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana cara meningkatkan kreativitas anak usia dini
melalui cerita bergambar di Paud Anugerah Desa Sungai
baru Kecamatan Gaung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Informan penelitian yaitu guru kelas, anak
didik Paud Anugerah dan dokumen. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan menggunakan Teknik observasi, tes,
cacatan lapangan dan dokumentasi. Selanjutnya data hasil
penelitian dianalisis menggunakan rumus sederhana yaitu:
P =
F
N
x 100%
Hasil analisis data tentang meningkatkan
kreativitas anak usia dini melalui cerita bergambar
adalah sebagai berikut: (1) Guru menyediakan waktu untuk
anak bereksperimen, bereksplorasi dan memanipulasi, (2)
Guru memberi kesempatan kepada anak untuk menyendiri,
(3) Guru memberikan motivasi dan sarana kepada anak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan
kreativitas anak yaitu pra siklus 2 anak atau 20%, siklus
I mencapai 6 anak atau 60% dan siklus II meningkat
menjadi 9 anak atau 90%.