• Login
    View Item 
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar Di Paud Anugerah Desa Sungai Baru Kecamatan Gaung, Semester II, Tahun Pelajaran 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Arpia Lastri (1.774Mb)
    Date
    2023-07-27
    Author
    Lastri, Arpia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang masalah penelitian ini yaitu kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat pada umumnya masih rendah. Hal ini dapat diketahui dengan masih banyaknya orang–orang yang belum mampu menghasilkan karyanya sendiri, mereka masih meniru karya milik orang lain. Keadaan tersebut disebabkan karena kurangnya pengembangan kreativitas sejak usia dini. Anak–anak usia dini pada khususnya di Paud Anugerah Desa Sungai Baru Kecamatan Gaung juga masih memiliki daya kreativitas yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan anak sehari-hari dimana masih menunggu guru, tidak mempunyai ide sendiri, belum bisa mengungkapkan idenya sendiri kalau tidak dibantu oleh guru, anak-anak masih tergantung dengan guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui cerita bergambar di Paud Anugerah Desa Sungai baru Kecamatan Gaung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Informan penelitian yaitu guru kelas, anak didik Paud Anugerah dan dokumen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan Teknik observasi, tes, cacatan lapangan dan dokumentasi. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus sederhana yaitu: P = F N x 100% Hasil analisis data tentang meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui cerita bergambar adalah sebagai berikut: (1) Guru menyediakan waktu untuk anak bereksperimen, bereksplorasi dan memanipulasi, (2) Guru memberi kesempatan kepada anak untuk menyendiri, (3) Guru memberikan motivasi dan sarana kepada anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kreativitas anak yaitu pra siklus 2 anak atau 20%, siklus I mencapai 6 anak atau 60% dan siklus II meningkat menjadi 9 anak atau 90%.
    URI
    https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/433
    Collections
    • Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [57]

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin
     

     

    Browse

    Scientific RepositoryAll CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin