Analisis Strategi Pemasaran Islam Pada Tour Travel Haji Dan Umroh Dalam Menarik Minat Jamaah Di Tembilahan
Abstract
Penelitian ini berawal dari banyaknya minat masyarakat khususnya masyarakat
Tembilahan untuk berangkat haji dan umroh ke Baitullah. Di mana prosedur yang
berlaku di Indonesia itu harus melalui travel agent ataupun biro haji dan umroh
resmi terdaftar dalam kementrian agama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Islam pada tour
travel haji dan umroh dalam menarik minat jamaah di Tembilahan.
Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini pimpinan Berlian
Sukses Tour & Travel dan PT. Silver Silk cabang Tembilahan. Objek penelitian
ini strategi pemasaran Islam dalam menarik minat jamaah pada tour travel haji
dan umroh Tembilahan. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non
probability sampling, yang terdiri dari 3 orang staff dan jamaah Berlian Sukses
Tour & Travel serta 3 orang staff dan jamaah PT. Silver Silk cabang Tembilahan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Islam pada Berlian
Sukses Tour & Travel bahwa sudah melaksanakan sifat shiddiq, tabligh dan
amanah, namun untuk fathonah belum dilaksanakan dengan maksimal karena
pihak travel dalam mempromosikan melalui media sosial yang masih kurang
dimengerti calon jamaah akibat kurangnya pengetahuan dan sulit mengakses
informasi di media sosial mengenai travel tersebut. Sedangkan untuk PT. Silver
Silk Tout & Travel sudah melaksanakan sifat shiddiq, amanah dan fathonah,
namun untuk tabligh belum dilaksanakan dengan maksimal karena pihak travel
dalam menyampaikan informasi masih kurang dapat dipahami oleh calon jamaah
sebab belum menjelaskan informasi tersebut secara rinci.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pihak tour travel haji dan
umroh dalam strategi pemasaran Islam dengan melaksanakan sifat shiddiq,
tabligh, amanah dan fathonah menggunakan observasi dengan persentase 87,5%
dikategorikan Sangat Baik karena terletak pada interval 81%-100%.