• Login
    View Item 
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah
    • View Item
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Pemasaran Islam Pada Tour Travel Haji Dan Umroh Dalam Menarik Minat Jamaah Di Tembilahan

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Desti Nur Fiana (1.497Mb)
    Date
    2024-03-06
    Author
    Fiana, Desti Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berawal dari banyaknya minat masyarakat khususnya masyarakat Tembilahan untuk berangkat haji dan umroh ke Baitullah. Di mana prosedur yang berlaku di Indonesia itu harus melalui travel agent ataupun biro haji dan umroh resmi terdaftar dalam kementrian agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Islam pada tour travel haji dan umroh dalam menarik minat jamaah di Tembilahan. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini pimpinan Berlian Sukses Tour & Travel dan PT. Silver Silk cabang Tembilahan. Objek penelitian ini strategi pemasaran Islam dalam menarik minat jamaah pada tour travel haji dan umroh Tembilahan. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, yang terdiri dari 3 orang staff dan jamaah Berlian Sukses Tour & Travel serta 3 orang staff dan jamaah PT. Silver Silk cabang Tembilahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Islam pada Berlian Sukses Tour & Travel bahwa sudah melaksanakan sifat shiddiq, tabligh dan amanah, namun untuk fathonah belum dilaksanakan dengan maksimal karena pihak travel dalam mempromosikan melalui media sosial yang masih kurang dimengerti calon jamaah akibat kurangnya pengetahuan dan sulit mengakses informasi di media sosial mengenai travel tersebut. Sedangkan untuk PT. Silver Silk Tout & Travel sudah melaksanakan sifat shiddiq, amanah dan fathonah, namun untuk tabligh belum dilaksanakan dengan maksimal karena pihak travel dalam menyampaikan informasi masih kurang dapat dipahami oleh calon jamaah sebab belum menjelaskan informasi tersebut secara rinci. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pihak tour travel haji dan umroh dalam strategi pemasaran Islam dengan melaksanakan sifat shiddiq, tabligh, amanah dan fathonah menggunakan observasi dengan persentase 87,5% dikategorikan Sangat Baik karena terletak pada interval 81%-100%.
    URI
    https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/434
    Collections
    • Skripsi - Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah [112]

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin
     

     

    Browse

    Scientific RepositoryAll CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin