Show simple item record

dc.contributor.advisorMunawaroh, Faridatul
dc.contributor.authorLailiyati, Lailiyati
dc.date.accessioned2021-01-21T02:18:10Z
dc.date.available2021-01-21T02:18:10Z
dc.date.issued2021-01-21
dc.identifier.urihttps://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/45
dc.description.abstractPenerapan pendidikan karakter di sekolah dikembangkan melalui pengalaman belajar dan proses pembelajaran yang bermuara pada pembentukan karakter dalam diri siswa. Pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan terintegrasi dalam semua mata pelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Desa Simpang Kateman Kecamatan Pelangiran, dan apa faktor-faktor yang mempengaruhinya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Desa Simpang Kateman Kecamatan Pelangiran, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang guru di Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Desa Simpang Kateman Kecamatan Pelangiran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus persentase P = F ⁄N × 100%. Hasil analisa data melalui observasi dan wawancara dapat disimpulkan sebagai berikut: Penanaman nilainilai pendidikan karakter anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Desa Simpang Kateman Kecamatan Pelangiran, mencapai angka 64,94% dan dikategorikan baik, karena angka 64,94% terletak pada interval 61% - 80%. Faktor-faktor yang mempengaruhi baiknya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Desa Simpang Kateman Kecamatan Pelangiran, adalah sebagai berikut: 1. Faktor Internal: Motivasi mengajar guru yang tinggi. Adanya sikap disiplin guru dalam melaksanakan pembelajaran. Kesabaran dan sikap telaten guru dalam membina siswa. 2. Faktor Eksternal: Lingkungan keluarga siswa yang memberikan dukungan moral terhadap pendidikan karakter anak mereka. Lingkungan sekolah yang kondusif.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherSTAI Auliaurrasyididn Tembilahanid_ID
dc.relation.ispartofseriesLailiyati;1209.16.08001
dc.subjectResearch Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Educationid_ID
dc.titlePenanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter 5 Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Desa Simpang Kateman Kecamatan Pelangiranid_ID
dc.typeThesisid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record