Aktualisasi manejeman kelas oleh guru pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Negeri 028 Batang Tumu Kecamatan Mandah
Abstract
Manajemen kelas memiliki peran dalam membantu peserta
didik melangsungkan kewajibannya dalam proses pendidikan yang
berkaitan dengan motivasi, produktifitas, dan kepuasan.
Penerapan manajemen kelas dalam proses belajar mengajar
sangat terkait dengan keprofesionalan seorang guru, dalam hal
ini merupakan sumber belajar bagi peserta didik. Guru
merupakan bagian dari sistem pendidikan menempati posisi yang
strategis dalam manajemen kelas dan pengembangan mutu
pendidikan anak didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah Bagaimana aktualisasi manajemen kelas oleh guru
pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Negeri 028 Batang
Tumu Kecamatan Mandah.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah guru pendidikan
agama islam dan objeknya adalah aktualisasi manajemen kelas
oleh guru pendidikan agama islam. Sampel yang digunakan
adalah satu orang guru pendidikan agama islam yang mengajar
di Sekolah Dasar Negeri 028 Batang Tumu Kecamatan Mandah.
Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan masalah di
atas, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data,
observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah
dikumpulkan dianalisa menggunakan rumus persentase yakni P =
N
F .X 100%.
Dari hasil observasi tentang aktualisasi manejeman kelas
oleh guru pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Negeri 028
Batang Tumu Kecamatan Mandah, pada angka 79,69% dan
dikategorikan baik, karena angka 79,69% terletak pada
interval 61% - 80%