• Login
    View Item 
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   Repository STAI Auliaurrasyidin
    • Skripsi
    • Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Anak pada Kelompok B TK Negeri Pembina Tembilahan

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Nurul Azian (7.285Mb)
    Date
    2021-01-27
    Author
    Azian, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal anak dalam proses pembelajaran. Motivasi memiliki kaitan erat dengan minat belajar. Minat belajar merupakan kesenangan dan awal penggerak anak untuk mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar dan gambaran minat belajar anak Kelompok B TK Negeri Pembina Tembilahan, serta hubungan Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Anak pada Kelompok B Tk Negri Pembina Tembilahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK Negri Pembina Tembilahan. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah motivasi belajar dan minat belajar pada anak kelompok B TK Negri Pembina Tembilahan. Populasi dalam penelitian ini adalah 120 anak dan 55 anak digunakan sebagai sampel. Data didapatkan melalui teknik obervasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan person product moment (PPM). Rumus persentase digunakan untuk menganalisis variabel x (motivasi belajar) dan variabel y (minat belajar), sedangkan rumus person product moment (PPM) digunakan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan minat belajar anak pada Kelompok B Tk Negri Pembina Tembilahan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar anak sudah “kuat” dengan persentase 64,55%, dan minat belajar anak sudah “kuat” dengan persentase 61,30%. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan rumus PPM dan menunjukkan hasil thitung ≥ ttabel = 6,916 > 1,674, maka Ho ditolak. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat belajar anak di TK Negeri Pembina Tembilahan dengan tingkat signifikansi 0,684.
    URI
    https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/55
    Collections
    • Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [57]

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin
     

     

    Browse

    Scientific RepositoryAll CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright © Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin
    All right reserved
    Contact Us | Send Feedback
    STAI Auliaurrasyidin
    Scientific Repository
    Website STAI Auliaurrasyidin